BAB 4 - Menjelajahi Internet

1.      Beberapa cara yang dilakukan untuk mempelancar akses Internet, diantaranya : menghindari jam sibuk, menambahkan cache browser, tidak menampilkan animasi, menghentikan proses download, membuka jendela baru, menggunakan fungsi klik kanan, dan menyimpan situs favorit.
2.      Hindari jam sibuk Internet agar kerja dari browser tidak terjebak  kemacetan lalu lintas di dunia maya.
3.       Jam sibuk internet pada saat jam kerja antara pukul 09.00-17.00 . Pada jam itulah banyak orang yang mengakses Internet.
4.      Chace membantu browser bekerja lebih cepat pada saat mengeklik tombol Back. Agar proses browsing menjadi cepat, hal yang perlu perhatikan yaitu mengalokasikan jumlah space pada harddisk yang memadai untuk cache.
5.      Jika browser terlalu lama mengakses suatu halaman web dan belum selesai juga, klik tombol STOP.
6.      Cara membuka jendela baru yaitu dengan menekan Ctrl+N di keyboard.
7.      Dengan menekan tombol klik kanan mouse pada halaman web yang ditampilkan oleh browser, maka akan muncul pop-up menu yang isinya tergantung dari posisi pointer mouse. Penggunaan klik kanan ini banyak manfaatnya dan sangat membantu kegiatan browsing.
8.      Cara menyimpan  situs favorit di browser Internet Explorer adalah sebagai berikut :
a.       Klik menu Favorites.
b.      Pilih add to Favorites sehingga muncul jendela pop-up.
c.       Kemudian klik ok untuk menyimpannya.
9.      Offline browsing adalah sebuah cara untuk menghemat penggunaan waktu online.
10.  Cara menyimpan halaman web :
a.    Munculkan sebuah halaman web, sebagai contohnya :http://www.ilmukomputer.com/ .
b.   Klik  Menu File, kemudian klik Save As.
c.    Setelah muncul kotak dialog Save Web Page, tuliskan nama file, kemudian tempatkan pada folder yang dikehendaki.
d.   Tekan tombol Save.
11.  Cara menggunakan search engine Google untuk mencari data adalah :
a.       Tuliskan alamat http://www.google.com/ pada Address Internet Explorer.
b.      Setelah muncul halaman web Google, tuliskan kata kunci artikel yang ingin dicari, kemudian tekan Enter.
c.       Halaman web akan menunjukkan hasil pencarian.
d.      Pilih salah satu hasil pencarian untuk membacanya.
12.  Surat elektronik atau pos elektronik dalam bahasa Inggris disebut e-mail. Pengertian e-mail adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet.
13.  E-mail sudah mulai dipakai pada 1960-an. Pada saat itu, Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan ‘mainframe’ yang terbentuk sebagai jaringan.
14.  Penemu tanda @ pada e-mail adalah Ray Tomlison. Ia seorang insinyur. Ia bekerja pada sebuah organisasi bernama BBn. Di perusahaan itulah, pada tahun 1972, Ray berhasil menjadi orang pertama yang sukses mengirimkan e-mail pertama antara dua mesin.
15.  Mulai 1980-an, e-mail sudah dapat dinikmati oleh khalayak umum. Hal ini mengakibatkan banyak perusahaan pos yang penghasilannya menurun karena masyarakat jarang menggunakan jasa pos.
16.  Etika dalam menggunakan e-mail adalah :
a.       Jangan mengirim e-mail dengan lampiran(attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 Kb).
b.      Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
c.       Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
d.      Jangan menggunakan huruf capital karean dapat menimbulkan kesan anda “berteriak”.
17.  Cara membuat alamat e-mail pribadi adalah :
a.       Sebagai contoh kita gunakan situs http://www.yahoo.com/ .
b.      Klik pada pilihan mail
c.       Klik pilihan daftar
d.      Isilah formulir pendaftaran yang muncul, kemudian buat ID yahoo, alamat e-mail, dan password yang diinginkan.
e.       Setelah semua data sudah terisi dengan benar, klik Buat Akun Saya.
f.       Jika pendaftaran telah sukses, tekan Lanjutkan. Dan jadilah e-mail pribadimu.
18.  Login ke alamat e-mail pribadi di Yahoo Indonesia
a.       Bukalah situs http://www.yahoo.com/
b.      Klik pada pilihan Mail.
c.       Kemudian masukkan ID Yahoo dan password yang kamu miliki.
19.  Cara membuka e-mail yang masuk :
a.       Login terlebih dahulu ke alamat e-mail.
b.      Klik pada pilihan Kotak Masuk, maka daftar e-mail masuk akan ditampilkan
c.       Pilih satu e-mail masuk untuk dibaca, kemudian klik.
20.  Langkah-langkah untuk menulis dan mengirimkan e-mail, yaitu :
a.       Login terlebih dahulu ke alamat e-mail.
b.      Klik pada tulisan Tulis
c.       Tuliskan alamat e-mail yang akan di tuju, kemudian tuliskan pesan pada tempat yang tersedia.
d.      Jika sudah selesai, klik Kirim.

Komentar